Berselancar dengan Aman, Gunakan Sistem Keamanan Jaringan yang Tepat

Berselancar dengan Aman, Gunakan Sistem Keamanan Jaringan yang Tepat

Jackierobinsonwest – Dengan dunia digital yang terus berubah, semua aspek dalam kehidupan kita sehari-hari kini terhubung melalui web. Dari mencari hiburan dan memesan makanan, membeli pakaian serta membayar tagihan, menjelajahi berbagai informasi, dan menjalankan bisnis dan banyak lagi, mereka semakin banyak menggunakan media online.

Kenikmatan berselancar di dunia internet harus dilindungi oleh main hakim sendiri karena berbagai kejahatan bisa dilakukan di sini. Dari belanja online skala besar di BUMN maupun instansi pemerintah Indonesia pernah mengalami insiden peretasan dan data dari pengguna bisa dijual untuk dijual.

Jenis-jenis kejahatan yang dapat dilakukan di internet dapat diklasifikasikan menjadi empat jenis, yaitu:

  • Phishing mengacu pada tindakan menipu seseorang untuk mendapatkan detail pribadi, seperti nama, alamat, lokasi, atau tanggal lahir, detail rekening bank, dan informasi keuangan.
  • Hacking adalah mencari celah di komputer atau jaringan komputer untuk mencuri sebagian data atau bahkan seluruh sistem.
  • Deface adalah tindakan meretas sebuah situs web untuk mengubah tampilan semua situs web atau hanya area tertentu seperti mengubah font dan teks, atau bahkan menampilkan iklan yang mengganggu.
  • Carding adalah tindakan mencuri nomor kartu kredit dan memastikan aktivasi kartu, dan digunakan untuk membeli kartu hadiah prabayar yang kemudian dapat digunakan untuk dijual kembali.

Anda tidak ingin bisnis Anda menjadi korban dari berbagai macam aktivitas kriminal online. Jadi, setiap penggunaan internet harus didukung oleh sistem keamanan jaringan yang merupakan perangkat yang bertugas menghentikan dan mengidentifikasi pengguna yang tidak termasuk dalam jaringan yang terhubung ke internet.

Dengan program keamanan jaringan, Anda akan dapat memblokir penyusupan ke komputer dan jaringan di dalam perusahaan Anda.

Ada banyak jenis sistem keamanan untuk jaringan yang dapat Anda manfaatkan di perusahaan Anda sesuai dengan yang berikut:

Tindakan mengubah data informasi menjadi acak, seperti kode rahasia, menyembunyikan informasi yang dikirimkan, diterima atau disimpan. Data yang terdapat dalam file terenkripsi digambarkan dengan istilah “plaintext” atau teks biasa ketika dienkripsi. pesan tersebut dikenal dalam bentuk “ciphertext” atau teks yang disandikan.

Otentikasi adalah proses mencari validasi identitas pengguna sebelum masuk ke sistem tertentu. Secara umum, proses otentikasi bergantung pada kata sandi dan nama serta sidik jari atau retina orang yang diizinkan untuk mengakses sistem, atau tidak.

VPN (Virtual Private Network) Teknologi yang digunakan untuk mengamankan koneksi internet melalui pengalihan dan menggunakannya melalui penggunaan jaringan pribadi. Saat menggunakan VPN, riwayat internet dienkripsi dan tidak dapat diakses oleh orang lain. VPN itu memastikan bahwa riwayat internet tidak dapat diakses oleh pengguna lain.

DMZ (De-Militerized Zone): teknologi firewall yang melindungi server internal dari peretasan melalui internet. Namun, ini memberikan akses ke server dalam jaringan DMZ.

Berbagai jenis sistem keamanan untuk jaringan Anda di atas dapat digunakan untuk mengamankan jaringan Anda. Namun, menggunakan sistem keamanan tidak selalu 100% aman dan bebas dari celah keamanan. Dengan kemampuan hacking yang terus meningkat dan juga kelalaian dalam penggunaan online, sistem bisa menjadi sumber kejahatan online.

Dalam hal mengidentifikasi celah dalam sistem keamanan untuk jaringan Solusi yang dapat digunakan adalah meningkatkan keamanan jaringan Anda. Penting juga untuk melatih pengguna sistem keamanan dalam unit bisnis Anda tentang aktivitas yang menciptakan celah untuk peretasan jaringan.

Tentu saja, ketika mengembangkan sistem keamanan yang ideal untuk jaringan Anda dan terus meningkatkan efektivitasnya, Anda membutuhkan mitra terbaik.

Telkom Digital Wholesale Service merupakan mitra perusahaan teknologi yang bisa Anda percayakan sebagai partner IT Perusahaan yang menyediakan berbagai layanan mulai dari ethernet service, ip vpn, signalling, akses internet, sd wan, messaging hub, voice & call center, cloud computing, CDN (Content Delivery Network), managed service, wholesale tv content, wholesale cloud gaming, dan wholesale big data.