Ide Desain Mushola Untuk Di Dalam Rumah

Ide Desain Mushola Untuk Di Dalam Rumah

Jackierobinsonwest –¬†Sholat dan berdoa membutuhkan konsentrasi dan privasi, sehingga diperlukan tempat terpencil tanpa kebisingan atau orang yang lewat. Biasanya di dalam rumah terdapat tempat memasak, makan, bersosialisasi, tidur, dll. Ketika Anda sholat dan sholat 5 waktu, biasanya Anda menunjuk tempat untuk sholat, seperti kamar tidur atau ruang kerja Anda di rumah.

Apakah Anda juga ingin memiliki tempat atau mushola khusus di rumah? Solusinya anda bisa membangun mushola yang minimalis dan fungsional di rumah anda. Membuat mushola di rumah juga penting untuk anak dan menandakan pentingnya menyediakan waktu dan ruang untuk sholat dalam kehidupan.

1. Menggunakan Aksen Kayu

Siapa yang tidak jatuh cinta dengan desain musala coklat yang elegan ini? Mengandalkan material kayu yang dipadukan dengan permadani warna senada membuat komposisi peredupan menjadi indah. Tanpa banyak aksesoris, mushola ini mencuri perhatian dan membuat pemiliknya betah untuk beribadah lebih lama.

2. Menggunakan Sekat Ruang

Meski ruangan terbatas, Anda tetap bisa menjadikan musala lebih privat meski untuk dua orang dengan menggunakan sekat ruangan yang membagi sajadah menjadi dua. Ini adalah cara yang sederhana, cepat dan efektif untuk membuat mushola di rumah yang nyaman.

3. Menggunakan Rak Terbuka

Inspirasi musala minimalis berkonsep natural dengan dominasi kayu memberikan tampilan musala yang hangat dan cozy. Dilengkapi dengan rak terbuka, musala rumah ini juga berfungsi sebagai perpustakaan rumah kecil.

4. Meletakannya Di Bawah Tangga

Apakah Anda memiliki ruang di bawah tangga yang tidak digunakan? Ruang ini bisa Anda manfaatkan untuk menjadi musala di rumah Anda. Sediakan rak-rak terbuka agar bisa digunakan sebagai tempat meletakkan Al Quran, mukena dan sajadah. Anda juga tidak perlu khawatir tentang membuat bagian baru.

5. Boho Chic

Jika Anda penggemar desain rumah berlapis dan bertekstur dengan warna dan corak yang berbeda, gaya bohemian bisa menjadi pilihan untuk desain musala rumahan. Dengan menerapkan gaya bohemian pada ruang sholat, Anda akan mendapatkan sentuhan unik di rumah Anda.

6. Menggunakan Gaya Industrial

Siapa bilang musala tidak bisa mengikuti gaya industrial? Dengan bata ekspos dan semen, Anda bisa membuat musala di rumah menjadi nyaman. Apakah Anda ingin membuat perbedaan? Tambahkan pencahayaan ke salah satu sudut.

7. Menggunakan Gaya Timur Tengah

Gaya khas Timur Tengah bisa menjadi alternatif gaya ruang sholat di rumah Anda. Dengan gaya ini, ruang ibadah Anda akan lebih hidup. Jika budget Anda terbatas untuk menyiapkan mushola di rumah, Anda bisa memberikannya aksesoris Timur Tengah, mulai dari hiasan jendela hingga pilihan permadani ala Timur Tengah.

8. Menggunakan Cat Warna Hijau

Dalam Islam, putih dan hijau tidak hanya digunakan sebagai ilustrasi warna denotatif objek tertentu, tetapi juga sebagai simbol konotatif kebaikan. Warna putih dalam Islam melambangkan kebersihan dan kebahagiaan serta cahaya yang memberikan pencerahan, sedangkan warna hijau melambangkan kenyamanan, keindahan dan kesuburan.

9. Memanfaatkan Sudut Ruang

Terkadang ada sudut di area rumah yang jarang digunakan, sehingga Anda bisa mengubahnya menjadi mushola di dalam rumah. Mushola rumah tidak perlu besar, karena biasanya hanya digunakan oleh anggota keluarga atau tamu yang berkunjung.

10. Menggunakan Dekorasi Minimalis

Desain mushola ini minimalis dengan warna-warna netral. Asesoris interior yang dipilih cukup sederhana, namun membuat musala terkesan dua kali lebih luas. Uniknya, aksen kayu sederhana sengaja ditempatkan untuk menunjukkan arah kiblat.

Referensi:

Rumarumi.com