Cara Mengatasi Copyright Instagram Dengan Cepat

Cara Mengatasi Copyright Instagram Dengan Cepat

Jackierobinsonwest –┬áHak cipta atau copyright merupakan isu kritis di dunia maya. Instagram juga merupakan platform media sosial yang sangat ketat dalam hal ini. Oleh karena itu, kali ini kami akan membagikan kepada Anda cara mengatasi hak cipta Instagram.

Jika Anda memposting foto atau video yang berisi konten berhak cipta, Instagram akan menghapus postingan tersebut. Itu sebabnya Anda perlu tahu cara mengelola hak cipta Instagram.

Dapat dikatakan bahwa Instagram cukup ketat dalam hal hak cipta. Namun bukan berarti platform ini menyulitkan pengguna untuk memposting konten. Sebaliknya, Instagram menghormati hak intelektual pembuat konten asli.

Hukuman paling umum yang dikenakan pada pelanggar hak cipta di IG adalah penghapusan postingan yang dianggap melanggar hak cipta. Akan muncul peringatan di fitur DM akun IG kamu. Postingan yang memiliki masalah hak cipta biasanya karena alasan berikut:

  • Gunakan lagu atau lembaran musik berbayar tanpa izin
  • Berisi foto atau klip video yang dilindungi hak cipta

Terkadang itu membosankan. Apalagi jika kita tidak melanggar ketentuan hak cipta apapun.

Jangan khawatir. Cara memperbaiki masalah hak cipta di Instagram sangat sederhana. Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti.

Cara Mengatasi Copyright di Instagram

Anda dapat menyelesaikan masalah hak cipta ini langsung di platform Instagram. IG sendiri menyediakan fitur untuk merespon notifikasi blokir dari aplikasi media sosial tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

  • Buka dan luncurkan aplikasi IG di smartphone Anda.
  • Silakan masuk ke akun IG yang terkena masalah hak cipta.
  • Buka menu Notifikasi.
  • Klik pada pesan tentang masalah hak cipta.
  • Klik pada opsi Panggil di bagian bawah.
  • Beri tanda centang pada opsi Saya menerima.
  • Ketik nama pengguna IG Anda.
  • Klik tombol Banding.
  • Selesai.

Langkah yang baru saja Anda lakukan adalah mengirim panggilan ke Instagram. Ini juga menegaskan bahwa foto atau video yang Anda posting tidak mengandung konten berhak cipta.

Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menyelesaikan kasus ini. Biasanya hanya membutuhkan waktu beberapa menit, maka foto atau video tersebut akan otomatis terupload ke akun IG Anda.

Cara Menghindari Copyright Instagram

Meskipun sangat mudah untuk memperbaiki masalah hak cipta di platform IG, Anda harus lebih berhati-hati saat memposting konten. Yang terbaik adalah Anda tidak menggunakan konten berhak cipta dalam posting Anda.

Berikut adalah beberapa cara untuk menghindari masalah hak cipta di Instagram.

1. Berikan Kredit atau Sumber

Memberikan kredit atau menyebutkan sumber konten adalah cara untuk menghargai pembuat konten. Bahkan jika Anda sudah membayar, tidak ada salahnya untuk menyebutkan kredit di posting Anda.

Dengan memberikan kredit (biasanya dengan mengidentifikasi pemegang hak cipta), akan ada rasa saling menghormati. Ini dapat mencegah pemegang hak cipta menandai kiriman Anda.

Juga, ada kemungkinan bahwa pemegang hak cipta dapat memposting ulang, membagikan ulang, atau merevisi postingan Anda. Bagi Anda yang bekerja sebagai influencer, pengusaha, atau pembuat konten, ini akan menguntungkan Anda.

2. Mengajukan Banding

Cara banding ke Instagram sudah dijelaskan di atas. Sebenarnya, itu tidak akan terjadi jika Anda mengkredit posting Anda.

3. Menggunakan Lagu Bebas Copyright

Masalah lagu dan lembaran musik paling sering dipengaruhi oleh masalah hak cipta. Padahal, hal ini mudah diatasi, yakni menggunakan musik bebas hak cipta.

Di dalam aplikasi edit video ini sebenarnya ada puluhan lagu bebas royalti yang bisa kamu gunakan. Jika Anda menginginkan lebih banyak opsi, Anda juga dapat mengunduhnya dari beberapa situs atau saluran. Misalnya, saluran YouTube NoCopyrightSound.

Selain lagu, beberapa konten yang sering mengalami masalah hak cipta adalah gambar atau foto, bisa juga background atau maket. Anda bisa mendapatkan berbagai foto dan gambar gratis dari situs-situs seperti freepik, pixabay, dll.

Sebaiknya jangan mengambil konten dari Pinterest, karena konten tersebut tidak bebas royalti. Untuk font gratis yang tidak memiliki hak cipta, Anda bisa mendapatkannya dari aplikasi Canva, dll.

Instagram cukup ketat dalam hal hak cipta. Padahal, hal tersebut sangat penting sebagai edukasi bagi masyarakat. Juga sebagai penghormatan kepada pencipta.

Sumber:

majalah ponsel